Minggu, 20 November 2016

Perkenalan Implementasi Algoritma

Definisi Algoritma

Dalam menghadapi suatu masalah, setiap orang pasti mempunyai cara-cara tersendiri untuk menyelesaikannya. Di dunia pemrograman, istilah algoritma bisa dianalogikan sebagai langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat menyelesaikan suatu masalah. Masalah disini maksudnya adalah kasus yang harus dicari jalan keluarnya.

Mengenal Java

Java adalah bahasa tingkat tinggi yang hanya memiliki platform software. Dua komponen utama dari platform java adalah Java Application Programming Interface (API) yang merupakan mibrary dari java dan Java Virtual Machine (JVM), interpreter yang mengubah source code Java menjadi bahasa mesin.

Menggunakan Java, suatu aplikasi dapat dijalankan pada platform yang berbeda. Java merupakan bahasa pemrograman beroientasi object (object-oriented programming, banyak fitur  object-oreinted Java mendapatkan pengaruh dari bahasa C++.

Java Platform

Platform adalah lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak tempat suatu proggram berjalan. Beberapa platform yang terkenal dientaranya adalah Microsoft Windows, Linux, Dan MAC OS. Platform dapat di deskripsikan sebagai kombinasi antara OS dan Perangkat keras dari perangkat.Namun, platorm Java berbeda karena pada platform pada Java hanya berupa perangkat lunak saja (software-only platform) yang dapat dijalankan pada platform perangkat keras lainnya.
Platform Java terdiri atas dua komponen:

·         Java Virtual Machine (JVM), merupakan dasar dari platform Java, interpreter yang mengubah source code menjadi bahasa mesin.


·         Java Application Programming Interface (API): kumpulan library Java, komponen perangkat lunak yang dapat langsung digunakan.

Saat ini, terdapat empat jenis platform Java, yaitu:
  1. Java Standard Edition (Java SE): Merupakan bahasa standar Java dengan core library. Dapat digunakan untuk membangun aplikasi Java berbasis desktop, server, maupun tertanam. Komponen yang terdapat pada Java SE adalah Java Development Kit (JDK), Java Runtime Environment (JRE) dan Java SE API. Di dalam JDK terdapat JRE, compiler dan debugger, sementara di dalam JRE terdapat library Java dan JVM.
  2. Java FX, Java User Interface Platform: Merupakan user interface Java tingkat lanjut bagi perusahaan. Dapat digunakan untuk membangun aplikasi client-server yang lebih robust dan reliable.
  3. Java Platform, Enterprise Edition (Java EE): Merupakan versiJava bagi industry untuk membangun web dan aplikasi perusahaan.
  4. Java Embedded dan Java ME : Java Embedded digunakan untuk sistem tertanam pada perangkat elektronik pengguna, sementara Java ME merupakan lingkungan bagi aplikasi yang berjalan pada sistem tertanam dan bergerak.

Instalasi Java untuk Windows


File instalasi Java SE 8 untuk Windows bisa diunduh dari tautan berikut : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index-jsp-138363.html#javasejdk  

Pilih untuk JDK. Setelah itu, lakukan instalasi dengan langkah berikut:
  1. Klik installer file .exe (Sesuai yang didownload),
  2. Klik Next, lalu Continue
  3. Ikuti langkah instalasi sampai sekesai.

Aplikasi berbasis Java dijalankan pada Command prompt DOS. Path dari file executable Java harus dituliskan setiap kali aplikasi dijalankan, misalnya (file jdk yang tersimpan di computer saya):

C:\> "C:\Program Files\ Java\jdk1.8.0\bin\javac" MyClass.java

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan setting variable PATH dengan cara berikut:

  1. Klik Start > Control Panel > System
  2. Klik Advance > Environment Variables.
  3. Setting Environment Variables


  4. Tambahkan lokasi filder bin JDK pada variabel PATH System Variables :
    1. Pilih Path > Edit
    2. Tambahkan path JDK pada variable value. Path dari folder bin biasanya adalah sebagai berikut: C:\WINDOWS\System32\Program Files\Java\jdk1.8.0\bin
Setting PATH
Membuat source code Java pada suatu editor dan menjalankannya lewat DOS terkadang tidak praktis dan menyulitkan bagi programmer baru. Akan jauh lebih mudah jika membuat program tersebut pada suatu Integrated Development Environment (IDE). Sepanjang praktikum ini, aplikasi akan dibuat pada IDE IntelliJ IDEA yang dapat di download di https://www.jetbrains.com/idea/download/index.html#section=windows .

Sekian untuk pembelajaran Perkenalan Implementasi Algoritma, yang mana materi selanjutnya Penggunaan Aplikasi Intellij IDEA akan di post lain hari. Terimakasih :)

Source Modul Praktikum Implementasi Algoritma dibuat oleh Bpk. Hanung Nindito Prasetyo 

Dipost oleh : Muhammad Yoga Nugraha Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar